Mengenal Jaringan Komputer, Media Transmisi Kabel dan Nirkabel

 

Kelompok 2

1.     Joseph Christian Sugianto - 11180404

2.     Marchel Abraham Silalahi - 11180890

3.     Suprapto Utomo Prajitno  - 11180379

 

Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Jaringan komputer dibangun dengan kombinasi hardware dan software.

Berikut ini adalah beberapa jenis jaringan komputer yang mungkin sering Anda lihat.

1.       LAN (Local Area Network)

LAN menghubungkan perangkat jaringan dalam jarak yang relatif pendek. Sebuah gedung kantor, sekolah, atau rumah jaringan biasanya berisi satu LAN, meskipun kadang-kadang satu gedung akan berisi beberapa LAN kecil (mungkin satu per kamar), dan kadang-kadang LAN akan menjangkau sekelompok bangunan di dekatnya. Dalam jaringan TCP / IP, LAN sering tetapi tidak selalu diimplementasikan sebagai subnet IP tunggal.




2.       MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah jaringan komputer yang menghubungkan dua atau lebih jaringan LAN di dalam kota yang sama. Kalau jarak yang menghubungkan dua LAN sudah tidak mungkin untuk membangun jaringan, maka jaringan MAN digunakan. Ini lebih besar dari LAN tetapi lebih kecil dari WAN. MAN menggunakan perangkat khusus dan kabel untuk menghubungkan LAN.


3.       WAN (Wide Area Network)

WAN juga bisa dibilang sebagai kumpulan LAN yang tersebar secara geografis. Perangkat jaringan yang disebut router menghubungkan LAN ke WAN. Dalam jaringan IP, router menyimpan alamat LAN dan alamat WAN.

Media Transmisi Kabel

Media Transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi. Ada banyak sekali macam media transmisi mulai dari telepon,gelombang radio,satelit maupun sinar inframerah. Salah satu media transmisi yang sering digunakan adalah kabel. Ada 3 jenis kabel yang dapat dijadikan media transmisi yaitu kabel Twisted Pair,kabel Coaxial dan Kabel Serat optik. Berikut adalah penjelasan masing-masing jenis kabel.

 

A.Kabel Twisted Pair
Twisted Pair merupakan kabel yang terbuat dari tembaga dan terdiri atas empat pasang. Kabel ini dililit secara berpasangan dengan tujuan untuk menghindari noise listrik yang berasal dari dalam kabel dan juga interfensi elektromagnet dan frekuensi radio yang berasal dari luar kabel. Kabel Twisted Pair dibagi lagi menjadi 2 jenis yaitu UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair).

 

1)      UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan jenis kabel Twisted Pair yang tidak diberikan pembungkus aluminum pada ujung kabel,sehingga lebih rentan terhadap interfensi elektromagnet dan juga frekuensi radio yang berasal dari luar kabel. Pada umumnya,UTP lebih sering digunakan untuk jaringan komputer didalam ruangan.

 

2)     STP (Shielded Twisted Pair) merupakan jenis kabel Twisted Pair yang diberikan pembungkus aluminum pada ujung kabelnya,sehingga dengan adanya pembungkus aluminium ini menjadikan kabel STP lebih kuat terhadap gangguan-gangguan yang berasal dari luar kabel. Pada umumnya,kabel STP lebih sering digunakan untuk jaringan komputer yang berada diluar ruangan.

 

B.Kabel Coaxial
Kabel Coaxial yaitu terletak di tengah yang terbuat dari tembaga keras yang dilapisi dengan isolator dan melingkar di luar isolator pertama dan tertutup oleh isolator luar. Kabel koaksial memiliki 3 bagian utama, yakni pelindung luar, pelindung berupa anyaman tembaga, dan isolator plastik. Ada 2 jenis kabel coaxial yaiti thick coaxial dan thin coaxial.

1.Thick Coaxial
Thick Coaxial yang juga biasa disebut dengan kabel coaxial gemuk memiliki diameter 12 mm dan memiliki warna kuning. Daya jangkau dari kabel ini adalah sekitar 500 sampai dengan 2500 meter. Kelebihan dari kabel ini adalah memiliki jalur frekuensi (bandwith) yang lebih lebar sehingga banyak digunakan untuk komunikasi broadband seperti pada jaringan TV kabel.

2.Thin Coaxial
Thin Coaxial yang juga biasa disebut dengan kabel coaxial kurus memiliki diameter 8mm dan memiliki warna hitam,dan biasanya digunakan untuk kalangan radio amatir yang memerlukan output daya yang besar.

Kabel Coaxial lebih baik jika dibandingkan dengan Kabel Twisted Pair dan memiliki kemampuan untuk mentransmisikan data hingga mencapai 10Mbps.

C.Kabel Serat Optik

Serat Optik merupakan jenis kabel dalam jaringan yang dapat mentransmisikan data menjadi cahaya. Seperti yang kita ketahui,bahwa kecepatan cahaya sangat tinggi sehingga dapatlah disimpulkan bahwa kabel ini memiliki kecepatan yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan kabel-kabel lainnya. Kabel Serat Optik mampu menahan interfensi gelombang elektromagnet dan berbagai macam gangguan,serta tidak membawa sinyal listrik. Jangkaun kabel inipun sangat luas berkisar 550 kilometer hingga ribuan dengan kecepatan transmisi data 100Mbps. Tentu dengan berbagai keunggulan tersebut,kabel ini memiliki harga yang sangat mahal.

Komentar